Cara Budidaya Jamur Tiram PDF

Cara budidaya jamur tiram pdfSeperti yang telah kita ketahui bahwa di indonesia ini mayoritas penduduknya adalah penggemar makanan yang terbuat dari olahan jamur tiram. Sudah banyak sekali makanan hasil olahan dari jamur tiram ini yang mampu menggoyang lidah sehingga banyak yang melirik makanan tersebut. Selain itu, makanan olahan yang terbuat dari jamur tiram ini termasuk makanan yang sehat, memiliki gizi tinggi dan memiliki nutrisi penting didalamnya. Tak heran jika pada akhirnya banyak orang yang telah melirik usaha student portal.

Pada prinsipnya budidaya jamur tiram ini bukan sesuatu yang bisa dibilang sulit, justru sangat mudah lebih mudah ketimbang kita menanam jenis sayuran seperti kobis atau pun sawi. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara budidaya jamur tiram pdf

Bagi anda yang sudah niat bulat untuk melakukan budidaya jamur, maka ada hal yang harus dilakuikan sebelum memulai, yakni memilih bibit yang unggul dan berkualitas baik. Caranya dalah sebagai berikut:

  • Pilihlah bibit jamur tiram yang sudah teruji.

Cara mengetahui bibit itu sudah teruji adalah dengan mengetahui nilai BER (biological ratio) jamur itu sendiri. Sementara untuk jamur tiram BER nya sekitar 75%.

  • Membeli bibit dari instansi atau penyedia bibit yang sudah mendapatkan sertifikasi atau tanda legal oleh pemerintah.
  • Pilihlah Miselium berwarna putih telah tumbuh penuh dan merata di media tumbuhnya.
  • Periksa tanggal pembuatan dari bibit tersebut atau tanggal kadaluarsanya.
  • Mencari informasi dari para petani jamur yang sudah berhasil.

Cara budidaya jamur tiram pdf

Setelah itu langkah yang harus anda siapkan adalah menyiapkan media tanam untuk jamur tiram yang sudah anda rencanakan. Caranya dalah sebagai berikut:

  • Serbuk gergaji kayu sebanyak 80 %.
  • Bekatul sebanyak 10-15%.
  • Kapur CaCo3 sebanyak 3%.
  • Air kurang lebih 40-60%.

Cara budidaya jamur tiram pdf

Cara membuat bibit jamur tiram di antaranya adalah:

Untuk ukuran pembuatan jamur tiram sebanyak 100 kilo media jamur tiram maka diperlukan 80 kilo serbuk gergaji kayu, 10-15 bekatul,, dan 3 kilo kapur. Semua bahan-bahan tadi aduk sampai rata kemudian tambahkan air sekitar 60 % untuk mengetahui media sudah tercampur dengan baik, apabila digenggam tidak keluar air dan jika dilepas tidak pecah.Ukuran di atas cukup untuk 100 baglog.

Demikianlah pembahasan tentang cara budidaya jamur pdf. Semoga dapat bermanfaat..