Dokter Gigi Jogja

Kenali Penyebab Gigi Berlubang, Sebelum Anda Mengalaminya

Siapapun yang pernah mengalami sakit gigi, pasti tidak ingin mengalaminya lagi. Sakit gigi meskipun tampak sepele, bisa mengganggu aktivitas para penderinya. Sakitnya bisa terasa hingga sekujur tubuh. Bagi mereka yang sudah pernah mengalami sakit gigi, tentunya akan lebih menjaga kesehatan gusi dan gigi agar tidak merasakan nyeri gigi lagi.

Ada banyak sekali sekali masalah yang membuat gigi terasa sakit salah satunya yaitu gigi berlubang. Terlihat ataupun tidak, lubang pada gigi bisa membuat sakit sampai ubun-ubun kepala. Pada kasus yang ringan, penderitanya mungkin hanya merasakan nyeri saat menyantap makanan dingin atau panas. Jika tidak segera diatasi, lubang pada gigi ini bisa semakin membesar, membusuk, berdarah, nyeri tak tertahankan, hingga resiko terkena infeksi. Biasanya pada kasus gigi yang sudah rusak parah, dokter gigi Jogja akan menyarankan untuk mengganti dengan gigi palsu saja.

Dokter Gigi Jogja

Gigi berlubang sebenarnya adalah suatu kondisi di mana gigi bagian luar atau yang disebut email gigi mengalami kerusakan akibat terkikis asam dari bakteri. Kerusakan lapisan email gigi ini sampai pada lapisan dalam gigi atau bagian sarafnya sehingga menyebabkan nyeri pada penderitanya. Penyebabnya tentu karena bertumpuknya sisa-sisa makanan yang tidak kunjung dibersihkan. Sisa-sisa makanan tersebut membentuk plak hingga menimbulkan asam yang mampu mengikis gigi secara perlahan.

Selain itu, gigi berlubang juga bisa disebabkan oleh fake ktor lainnya seperti bertambahnya usia, penggunaan obat-obatan secara rutin, penyakit refluks asam lambung, terlalu banyak makan-makanan asam dan manis, hingga gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Lalu bagaimana agar terhindar dari gigi berlubang?

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Menjaga gigi agar tetap sehat bisa dikatakan gampang-gampang susah. Anda bisa memulainya dengan rajin membersihkan gigi sehabis makan dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Utamanya jika Anda sudah memiliki anak, latihlah anak-anak Anda untuk rajin membersihkan gigi sejak dini.

Namun banyak yang tidak tahu bahwa perawatan gigi tidak hanya sebatas membersihkan gigi dengan sikat saja. Untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat, Anda juga perlu ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dokter gigi Jogja akan membantu Anda melihat kondisi gigi Anda agar terhindar dari resiko sakit gigi. Tak sampai di sana saja, Dokter gigi Jogja biasanya juga akan membersihkan karang-karang gigi yang menumpuk karena tidak terjangkau oleh sikat. Biasanya pada bagian sela-sela gigi atau terselip bagian gusi.

Jadi ke dokter gigi tidak harus menunggu sampai gigi Anda sakit. Periksa gigi sehat Anda ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan gigi sebelum merasakan sakit.